Hari libur menjadi salah satu kesempatan untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Sebagai penyegaran, cobalah untuk sesekali membuat piknik di kebun rumah sendiri. Jika rumah tidak memiliki halaman yang cukup luas, maka beberapa pilihan taman kota di daerah tinggal Ibu dapat dijadikan tujuan untuk sebuah piknik sederhana.

Berikut beberapa tips dan persiapan yang harus diperhatikan dalam membuat piknik

Waktu

Untuk piknik yang dilakukan di taman kota, maka waktu yang sebaiknya ibu pililh adalah pagi hari.  Mengapa pagi hari? Selain udara yang masih segar, cahaya matahari juga belum terlalu terik sehingga ibu dapat sebelumnya berolah raga bersama keluarga, untuk kemudian dilanjutkan dengan makan pagi bersama.

Cuaca

Sebelum Ibu menjanjikan aktivitas piknik kepada si kecil, tidak ada salahnya untuk melihat prakiraan cuaca terlebih dahulu. Jangan biarkan si kecil kecewa karena sebuah janji yang tidak ditepati. Jika cuaca ternyata berubah diluar perkiraan, maka siapkan alternatif kegiatan lainnya.

Kostum

Jika acara piknik dimulai dengan olahraga bersama, maka siapkan juga baju ganti untuk si kecil. Mengingat acara di luar ruangan mudah membuat si kecil berkeringat, maka siapkan minimal 2 pasang baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan juga nyaman untuk dikenakan.

Topi atau payung tidak boleh ibu lewatkan dalam daftar perlengkapan yang harus tersedia, keduanya dapat melindungi si kecil dari kontak langsung kepala dengan sinar matahari saat menjelang siang.

Peralatan Piknik

Siapkan tikar sebagai alas dari kain yang digunakan untuk tempat duduk. Jika ibu tidak memiliki tikar, maka kertas koran dapat juga ibu fungsikan. Pilihlah menu makanan yang praktis dan sudah terlebih dahulu disiapkan dari rumah.

Obat-obatan

Obat-obatan menjadi bagian yang harus diperhatikan ketika mengadakan piknik di taman. Bawalah lotion anti nyamuk untuk menghindari dari gigitan nyamuk demam berdarah. Siapkan juga hand sanitizer dan tissue basah untuk tetap menjaga kebersihan dan higienitas.  Sediakan juga plester untuk luka dan obat yang dioleskan untuk luka terbuka sebagai pencegahan infeksi jika ada luka jatuh atau tergores.

Selamat Berlibur!